Minggu, 11 November 2012

Aspek yang berkaitan dengan Persyaratan Keamanan

Secrecy, yaitu data yang berhubungan dengn akses membaca data dan orang Hecker sebenarnya dapat dibagi menjadi 4 tahapan :
1. Mencari sistem komputer untuk dimasuki (dan mengumpulkan informasi).
2. Menyusup Masuk.
3. Menjelajahi sistem tersebut (termasuk mencari akses ke seluruh bagiannya).
4. Membuat backdoor dan menghilangkan jejak.

Dua hal penting yang dimiliki seorang Hacker :
1. Pengetahuan tentang kelemahan sistem yang akan dimasuki.
2. Pengetahuan tentang cara memanfaatkan kelemahan tersebut.

BBS merupakan jaringan komputer perorangan yang dioperasikan dirumah-rumah dengan menggunakan sebuah personal computer, dilengkapi dengan modem dan software host. Pada umumnya hacker menggunakan BBS sebagai sarana untuk berkomunikasi satu dengan yang lain, melakukan download / upload file-file yang berhubungan dengan dunia hacking.Ada beberapa Ancaman Keamanan Komputer yang di timbulkan oleh para hacker:
Interruption, yang merupakan ancaman terhadap avilability, yaitu : data dan informasi yang berada dalam sistem komputer dirusak atau dibuang, sehingga menkai tidak ada dan tidak berguna, contohnya harddisk yang dirusak, memotong line komunikasi dan lain-lain.
Interception, yang merupakan ancaman terhadap secrecy, yaitu : orang yang tidak berhak berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer, contohnya dengan menyadap data yang melaluui jaringan public (wiretapping) atau mengkopi secara tidak sah file atau program.
Modification, yang merupakan ancaman terhadap integritas, yaitu : orang yang tidak berhak tidak hanya berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer, melainkan juga dapat melakukan perubahan terhadap informasi, contohnya adalah mengubah program dan lain-lain.
Fabrication, yang merupakan ancaman terhadap integritas, yaitu orang-orang yang tidak berhak meniru atau memalsukan suatu objek ke dalam sistem, contohnya adalah dengan menambahkan suatu record ke dalam file.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar